Pengertian Multimedia | Apa Itu Multimedia

Pengertian multimedia, apa itu multimedia, pengertian multimedia interaktif,pengertian multimedia linier, fungsi multimedia,


Pengertian Multimedia

Pengertian Multimedia | Apa Itu Multimedia


Multimedia adalah suatu sarana (media) yang didalamnya terdapat perpaduan (kombinasi) berbagai bentuk elemen informasi, seperti teks, graphics, animasi, video, interaktif maupun suara sebagai pendukung untuk mencapai tujuannya yaitu menyampaikan informasi atau sekedar memberikan hiburan bagi target audiens-nya.

Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan seperti game. Kata multimedia itu sendiri berasal dari kata multi (Bahasa Latin) yang berarti banyak dan katamedia (Bahasa Latin) yang berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan sesuatu.

Multimedia dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu multimedia linear dan multimedia interaktif.

Macam-Macam Multimedia


Multimedia Linear


Multimedia Linear adalah multimedia yang tidak dilengkapi dengan perangkat kontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia adalah dalam operasi sekuensial (berurutan), misalnya, televisi dan film.

 Multimedia Interaktif


multimedia interaktif ini dilengkapi dengan controller yang dapat dioperasikan oleh multimedia pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang Anda inginkan untuk diproses lebih lanjut. Contoh: multimedia interaktif aplikasi, game, dll belajar.


Fungsi Multimedia


Salah satu fungsi utama dari Jasa multimedia adalah sebagai alat bantu mengajar yang pengaruh iklim, kondisi dan lingkungan di tata belajar yang diciptakan oleh guru. Menurut Pakar dalam buku Media Pembelajaran mengemukakan bahwa penggunaan media dalam pembelajaran dapat memproses membangkitkan keinginan dan minat baru.




Sejarah Multimedia


Istilah multimedia berasal dari teater, bukan tim. Pertunjukan lebih dari satu media yang memanfaatkan sering disebut multimedia show. Ketika acara multimedia termasuk monitor video, band dan karya seni sebagai bagian dari multimedia pertunjukan.

Sistem Multimedia dimulai pada akhir 1980 dengan pengenalan HyperCard oleh Apple pada tahun 1987 dan pengumuman oleh IBM pada tahun 1989 sehubungan dengan perangkat lunak audio Visual Connection pria disintesis (AVC) dan kartu adapter video untuk PS / 2.

dari awal, hampir semua perangkat keras dan perangkat lunak penyedia untuk melompat ke dunia multimedia. Jadi, pada tahun 1994, diperkirakan bahwa ada lebih dari 700 produk dan system pasar multimedia.


Post a Comment

2 Comments

  1. terimakasih kak informasinya sangat bermanfaat
    Perkenalkan nama saya Mayang sari dari dari <a href="https://www.atmaluhur.ac.id>ISB Atma Luhur</a>

    ReplyDelete
  2. terimakasih kak informasinya sangat bermanfaat
    Perkenalkan nama saya Mayang sari dari dari ISB Atma Luhur

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)